Dispar Kukar Hadiri Genta Nusantara III di Bali

222

KUTAI  KARTANEGARA  Amanah Ummat Com   Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, David Haka  mendampingi  Wakil bupati kukar Rendi Salikhin  menghadiri Genta Nusantara III di Bali yang berlangsung dari tanggal 2-5 November 2023.

Genta Nusantara merupakan temu budaya nasional yang dihadiri berbagai perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia. Festival Toleransi Indonesia bertajuk Genta Nusantara ini mengangkat tema Keluhuran Nusantara, dengan materi acara meliputi temu budaya, pementasan seni pertunjukan, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta dan eduwisata toleransi.

Genta Nusantara III diawali dengan dialog Temu Budaya Nusantara bertema Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa, yang mempertemukan budayawan dan pemerhati seni dari berbagai daerah di Indonesia. Dialog tersebut menghadirkan narasumber yang bergerak di bidang seni dan budaya, digelar di Ruang Kertha Gosana, Puspem Kabupaten Badung Bali, Kamis,(2/11/23).

David Haka mengatakan,  Kabupaten Kukar hadir sebagai salah satu pengisi acara pada acara Genta Nusantara III. Menurut David, ini menjadi bukti bahwa kehadiran Kukar juga turut mendukung pelestarian budaya dan kearifan lokal setiap daerah. “Pelestaran budaya setiap daerah sangatlah penting, karena dengan adanya budaya yang berbeda-beda di setiap daerah adalah gambaran tentang daerah itu sendiri. Indonesia mempunyai banyak suku, bahasa, budaya, kesenian. Di sinilah tempat kita saling melestarikan budaya setiap daerah,” ungkapnya.

David menyebut, Kabupaten Kukar sendiri diwakili oleh Grup kesenian Topa yang berhasil membuat para pelaku seni tenggelam ke dalam alunan musik khas daerah kukar. “Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, berkumpulnya para pencinta seni seluruh daerah di Indonesia bisa memperkaya pengetahuan tentang kesenian yang ada di setiap daerah dan tetap melestarikannya sampai kapanpun,” ucapnya.

Pimpinan Grup Musik Topa, Tri Andi Yuniarso mengatakan, Topa menampilkan musik etnik garapan yang menjadi ciri khas dari Topa. Seperti lagu Begenjoh khas kutai yang dikreasikan, kemudian ada beberapa musik lainnya. “Kami berharap dengan adanya kesenian dari Kukar hadir di Genta Nusantara bisa mewarnai kekhsanahan seni budaya di Indonesia dan berharap dukungan dinas terkait akan kesenian tidak pernah putus,” tutupnya.

Ketua Panitia Genta Nusantara III, Nengah Rata Artana mengungkapkan, terdapat 662 seniman dari 11 provinsi di Indonesia yang datang ke acara ini. “Peserta Genta Nusantara mencapai 662 seniman, mereka seniman dari berbagai provinsi, seperti Kalimantan, Yogyakarta, Jawa Barat dan provinsi lainnya,” jelasnya.

Kegiatan Genta Nusantara berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala. Sebelumnya Genta Nusantara I dan II telah sukses diadakan di Royal House Rumah Budaya Yogyakarta pada tahun 2021 dan 2022. (Adv/Kominfo Kukar /Prokom06).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.