Kecamatan Tenggarong Seberang Kukar Rencanakan Bangun TPA Baru

243

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com – Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tengah merencanakan pengadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah guna mengelola sampah secara lebih baik.

Saat ini, pihak Kecamatan Tenggarong Seberang rutin berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar terkait rencana pembangunan TPA tersebut.

Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono menjelaskan, di Kecamatan Tenggarong Seberang terdapat dua lokasi yang dinilai strategis untuk pembangunan TPA. Dua lokasi itu yakni di lahan bekas tambang Kitadin dan Desa Bangun Rejo.

“Lokasi di Kitadin dan Bangun Rejo merupakan lahan bekas tambang yang berpotensi untuk dijadikan TPA,” ujar Tego Yuwono saat ditemui di Kantor Camat belum lama ini.

Menurut Tego, DLHK Kukar kini tengah mengkaji kedua lahan bekas tambang seluas dua hektare tersebut. Pembangunan TPA mensyaratkan lahan yang jauh dari pemukiman dan berluasan cukup untuk pengelolaan sampah dalam jangka panjang.

“Kami harap pembangunan TPA ini bisa rampung pada 2024 agar memudahkan warga membuang sampah. Saat ini sampah sementara dibuang ke TPA Bekotok, Tenggarong,” imbuh Tego.

Rencana pengadaan TPA di Kecamatan Tenggarong Seberang ini dipandang tepat mengingat volume sampah yang semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk dan aktivitas warga. Pengelolaan sampah yang baik sangat penting bagi kelestarian lingkungan.

Dengan dukungan DLHK Kukar serta dinas terkait lainnya, pembangunan TPA di Tenggarong Seberang diharapkan dapat terealisasi tahun depan.

TPA yang memadai sangat dibutuhkan agar pengelolaan sampah dapat dilakukan secara optimal dan ramah lingkungan. (Adv/DiskominfoKukar/Lx)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.