Disnakertrans Kaltim Siap Cetak Tenaga Kerja yang Kompeten dan Berdaya Saing

393

SAMARINDA AMANAH UMMAT.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri di Kalimantan Timur, belum lama ini, di Ballroom Hotel Harris Samarinda.

Acara ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan daya saing di dunia kerja, dengan didampingi oleh pembimbing atau mentor yang berkompeten.

Rozani Erawadi selaku Kepala Disnakertrans Kaltim saat membuka acara, menyatakan kebutuhan akan respons cepat dan tepat, terutama dalam konteks penyiapan Sumber Daya Manusia.

“Penyiapan ini mencakup upaya peningkatan kompetensi tenaga kerja yang sadar dalam meniti karier,” ujar Rozani.

Adapun Pemagangan Dalam Negeri di Provinsi Kalimantan Timur melibatkan 216 orang melalui Anggaran Dana Dekonsentrasi APBN Disnakertrans dan 160 orang melalui Dana APBD Provinsi. Peserta pemagangan berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, PPU dan Paser.

“Pemagangan adalah bentuk pendidikan dan pelatihan kejuruan teknis yang menggabungkan off the job training dan on the job training, memungkinkan peserta memperoleh pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang diperlukan di perusahaan,” papar Rohani.

Program Pemagangan Dalam Negeri dilaksanakan selama lima bulan yang didanai oleh APBN dan selama 1 bulan pelatihan dan 3 bulan pemagangan yang didanai oleh APBD.

“Melalui program ini, peserta akan mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata, termasuk keterampilan, sikap mental, etos kerja, perilaku dan budaya kerja di industri,” jelasnya.

Sejalan dengan pemindahan Ibu kota Negara ke Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Kaltim mendukung kegiatan pelatihan berkualitas untuk mencetak tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di berbagai sektor lapangan kerja. (Adv/ disnakertrasn Kaltim/gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.