Desa Jembayan Kembangkan Sektor Pertanian

Miliki visi untuk membangun gudang beras

522

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com– Pemerintah Desa (Pemdes) Jembayan, Kecamatan Loa Kulu kembangkan sektor pertanian. Hal ini selaras dengan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk jadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN)

Upaya pengembangan sektor pertanian di Desa Jembayan juga mendapat perhatian dari Pemkab Kukar. Belum lama ini, para petani di Desa Jembayan menerima bantuan berupa Sarana dan Prasarana (Sapras) pertanian.

Bantuan ini disalurkan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen para petani di Jembayan. Diketahui, lahan pertanian di Desa Jembayan memiliki luas mencapai 300 hektar dan didominasi oleh sawah dan kebun sayur.

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli /foto istimewa

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli  ditemui dikantornya (1/`11) mengatakan, bantuan sapras pertanian yang diberikan oleh Pemkab Kukar dinilai akan sangat membantu para petani.

“Selain alat pertanian, Desa kami (Jembayan) juga pernah mendapat bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah,” katanya.

Ia juga berharap, para petani di desanya bisa menerima kembali bantuan berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemkab kukar untuk meningkatkan produktivitas para petani.

Lanjutnya, Desa Jembayan memiliki visi untuk membangun gudang beras yang akan dikelola oleh badan usaha milik desa (bumdes). Saat ini, bumdes telah sukses dalam pengelolaan stok batubara dan kantin untuk tambang, namun mereka juga ingin menciptakan penghasilan dari beras sendiri.

Tidak hanya mengandalkan bantuan, desa ini juga bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Loa Kulu, yang berada di Desa Sepakat. Dengan mengundang para ahli dari BPP, Desa Jembayan secara rutin menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani.

“Semua tergantung permintaan atau kemauan petani. Misalnya mereka minta pelatihan tanaman cabe, kami undang ahli di bidang tersebut dan kami alokasikan dana dari Alokasi. (adv /Kominfo Kukar /Gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.