Upaya Peningkatkan Pengelolaan Zakat, BAZNAS Kaltim Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan RKAT 2024:

1,236

Amanah Ummat.Com- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Timur mengadakan bimbingan teknis penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) untuk tahun 2024. Acara ini berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023 di Hotel Swiss-bel, Balikpapan dan dihadiri oleh sebanyak 60 peserta dari BAZNAS Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

Ketua BAZNAS Kalimantan Timur, H. Ahmad Nabhan, dalam sambutannya mengatakan, bimbingan teknis ini adalah bagian dari upaya kita untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan zakat, infak, dan dana sosial di Kalimantan Timur.

“Agenda bimbingan teknis ini bertujuan untuk memastikan bahwa RKAT tahun 2024 disusun dengan baik dan efisien guna mendukung program-program yang dijalankan oleh BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota,” Kata Ahmad Nabhan.

Ahmad Nabhan menambahkan, dengan berlangsungnya kegiatan ini, BAZNAS Kaltim menunjukkan komitmennya untuk terus memperbaiki pengelolaan zakat dan dana sosial, dengan harapan bahwa RKAT tahun 2024 akan mengoptimalkan penggunaan dana zakat untuk kepentingan yang lebih luas.

“Dengan menyusun RKAT yang baik, kita dapat memastikan bahwa dana zakat akan digunakan secara lebih efektif dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.”pungkanya

Sementara itu Direktur Perencanaan ZIS-DSKL Nasional Dr. Ahmad Hambali menyampaikan pentingnya dilakukan perencanaan dalam pengelolaan zakat, sesuai dengan peraturan pemerintah pasal 1 ayat 1 tentang Pengelolaan Zakat adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat.

“Perencanaan adalah inti dari pengelolaan zakat yang efektif, sesuai dengan peraturan pemerintah. Jadi harapannya seluruh pengurus BAZNAS untuk senantiasa menerapkan prinsip 3A, yaitu aman syar’i, aman regulasi, aman NKRI, sebagai wujud tanggung jawab lembaga negara dalam pengelolaan dana umat.” Ujarnya

Adapun materi yang disampaikan meliputi berbagai aspek penting, termasuk evaluasi perencanaan semester I tahun 2023, petunjuk teknis dan pendampingan rencana kerja, serta penetapan target pengumpulan dana zakat untuk tahun 2024.

Turut hadir jajaran pimpinan BAZNAS Kaltim Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan H. Miswan Thahadi, M.Pd.I, Wakil ketua II H. Abdurrahman, AR, Wakil Ketua III Bidang Keuangan dan Pelaporan H. Badrus Syamsi, S.Pd.I., dan Wakil Ketua IV Achmad Suparno.(Humas Baznas Kaltim)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.