Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Kukar Diwarnai Baju Adad

Wabub Rendi Silihin Gunakan Baju Adad kutai

352

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com-Upacara bendera dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 95 di Kutai kartanegara  diwarnai Pakaian baju Adad. Sementara  itu sebagai pejabat yang membuka acara Wakil Bupati Kukar H Remdi Silihin pakai baju adad Kutai, Acara berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Kukar, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan bertemakan “Bersama Majukan Indonesia” tersebut diikuti peserta upacara diantaranya dari Kodim 0906 KKR, Polres Kukar, Satpol PP Kukar, BPBD Kukar, Damkar Matan Kukar, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, dan anak-anak sekolah dari tingkat SMA, SMP dan SD. serta tamu dan undangan lainnya seperti Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Kasdim 0906 KKR Mayor Inf Mahfudz, Sekda Kukar H Sunggono serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar.

Dimana upacara tersebut diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD 1945, dan pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, serta pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara.

Wabup Kukar H Rendi Solihin saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan melalui momentum HSP tahun ini tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Lebih lanjut Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan, melalui peringatan hari sumpah pemuda ke 95 tahun 2023 yang mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dan logo HSP ke 95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya, yang mama menurutnya heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Ditambahkannya, Pemerintah Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi Indonesia, yang mana menurutnya hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat didalam pembangunan nasional.

“Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya, tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” ujar Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya, dirinya mengajak seluruh stakeholder terkait untuk menjadikan peringatan HSP tahun ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

Sekedar informasi, kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup Kukar H Rendi Solihin, yang mana potongan tumpeng pertama tersebut diserahkannya kepada Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dispora Kukar Aji Ali Husni. serta dilanjutkan sesi foto bersama dan penampilan seni tari kolosal dari sanggar tari Gubang.(Adv/Kominfo Kukar/ wes07).

Leave A Reply

Your email address will not be published.