Plt Asisten III Buka Workshop Pembinaan Statistik Sektoral Bagi Desa/Kelurahan se-Kukar

224

KUTAI KARTANEGARA  Amanah Ummat.Com – Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto, membuka workshop Pembinaan Statistik Sektoral bagi Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kutai Kartanegara”, Tahun 2023 yang berlangsung di Hotel mercure Samarinda, Selasa ( 24/10 ).

Dafip Haryanto saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, kebutuhan statistik sektoral menjadi sangat penting dalam menyediakan data untuk perencanaan pembangunan. Sebagai informasi, bahwa statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan. Saat ini desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kebijakan pembangunan di desa dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat. Sehingga semua desa nantinya menjadi desa yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan desanya. Untuk memperkuat sinergi terkait akselerasi dan persepsi data Pemkab Kutai Kartanegara guna memvalidkan data dari setiap desa dan keluruhan. Dimana nantinya, data tersebut akan diolah, dianalisis, kemudian dihimpun kedalam “Buku Data Statistik Sektoral tingkat Desa dan Keluruhan”.

Untuk itu, melalui workshop pembinaan statistik sektoral tingkat desa kelurahan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya statistik yang diiringi dengan manajemen data yang rapi, sistematik dan tepat guna, sehingga program pembangunan desa dan kelurahan tepat sasaran. Salah satunya untuk penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) yang efektif dan efisien.

Ini merupakan tugas bersama bagaimana bisa menyusun tata kelola data yang sesuai dengan kaidah-kaidah statistika, agar data yang dimiliki dapat dimanfaatkan dalam penyusunan sebuah kebijakan dan pengambilan keputusan, baik pada tingkat sektoral maupun wilayah.

“Mari bersama kita berkolaborasi dan perkuat koordinasi, sinergitas untuk statistik sektoral agar sukses dan sesuai seperti yang kita harapkan,” kata Dafp Haryanto.

Sementera itu menurut Ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Bidang Statistik pada Diskominfo Kukar Asdi mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan inu, didasari dengan banyaknya permintaan data ke desa dan kelurahan, maka untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan data statistik sektoral, workshop ini juga merupakan langkah optimalisasi pembinaan statistik sektoral pada tingkat desa dan kelurahan.

Fokus utamanya adalah mempersiapkan aparat desa dan kelurahan agar lebih faham statistik, dan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan kelurahan dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Kegiatan ini berlangsung selama 4 ( empat ) hari dari Tanggal 24 – 27 Oktober 2023 yang diikuti Desa/kelurahan Se-Kutai Kartanegara yang dibagi dalam 4 ( empat ) kelompok.

Sedangkan selaku narasumber adalah dari Badan Pusat Statistik BPS Kukar dan Diskominfo dengan materi yang diberikan meliputi pembinaan Statistik Sektoral, Pendampingan pengajuan rekomendasi kegiatan statistik serta beberapa materi lainnya. (Adv/Kominfo Kukar/ wes03 )

Leave A Reply

Your email address will not be published.