299 Mahasiswa Poltekkes Kaltim KKN di Sebar di Puskesmas Puskesmas di kukar

231

 

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com– Sebanyak 299 Orang Mahasiswa Poltekes Kemenkes Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dilepas oleh Plt Asisten III Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) Interprofesional Education (IPE) di UPTD Puskesmas Dinas Kesehatan Kukar, Kamis (24/10/2023) di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda, Tenggarong.

Wakil Direktur III Poltekes Kemenkes Kaltim Dr. Dini Indo Virawati mengucapkan terima kasih atas diterimanya para mahasiswa poltekes kemenkes untuk melakukan KKNTIPE di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Sebanyak 299 mahasiswa Poltekes Kemenkes kaltim untuk melakukan KKNTIPE di 32 Puskesmas Kukar dengan mengangkat tema Stunting yang masih menjadi isu seksi dalam pengentasan stunting di Indonesia,’ katanya.

Dikatakannya, dipilihnya Kukar untuk KKNTIPE bukan sesuatu yang biasa melainkan Kukar merupakan wilayah spesial terdekat dengan kampus Poltekes Kemenkes Kaltim. Semoga kerjasama dan kolaborasi terjalin dengan baik tidak hanya sekedar menjalankan KKNTIPE melainkan juga mensuport Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Poltekes Kemenkes Kaltim turut mendukung program pemerintah salah satunya dalam pengentasan stunting di Kutai Kartanegara, semoga dengan menyebarnya para mahasiswa ini nantinya memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kukar melalui Plt Asisten III Setkab Kukar Dafip Haryanto menyambut baik atas KKNTIPE Poltekes Kemenkes Kaltim yang sudah memilih Kukar dalam pengabdian masyrakatnya.

“Saya menyambut baik atas kerjasama dan kolaborasi KKNTIPE di Kukar semoga para mahasiswa poltekes yang akan disebar di 32 puskesmas se-Kukar mulai 1 November sampai 24 November 2023 serta dapat mengaplikasikan ilmunya dan bermanfaat bagi masyarakat terutama turut berkontribusi dalam pengentasan stunting di Kukar,” sambutnya.

Menurutnya, KKN-T IPE merupakan konsep pengabdian masyarakat yang memadukan antara pembelajaran yang dilaksanakan di kampus dengan implementasi pengetahuan bersama dalam rupa kolabroasi kerjasama antara pihak-pihak profesional di masyarakat.

“Selamat KKNTIPE di Kukar, diharapkan dengan banyaknya daya dukung dapat terlaksana dengan target yang telah ditetapkan perguruan tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan,” harapnya.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN-T IPE di 32 puskesmas se Kukar terdiri dari jurusan keperawatan, kebidanan, teknologi laboratorium medik, Gizi dan Dietika, serta jurusan promosi kesehatan didampingi para pakar seperti perawat, bidan, analisis kesehatan, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan, dan penanggungjawab Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). (Adv/Kominfo/Wes 10

Leave A Reply

Your email address will not be published.