Ketua yayasan Borneo karya Prima Lestari, Kariyati Latih Perempuan Desa loa Diri Buat Sabun

281

KUTAI KARTANEGARA  Aamanah Ummat.Com– Desa Loa duri Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak bumi, batu bara, dan karet.

Namun, tidak semua warga desa bisa menikmati hasil dari kekayaan alam tersebut. Banyak ibu-ibu di desa ini yang hanya menjadi ibu rumah tangga biasa, tanpa memiliki pekerjaan atau penghasilan sendiri.

Namun dengan kehadiran yayasan Borneo karya Prima Lestari dapat mengubah minsed para ibu di desa Loa Duri Ilir dengan berbagai kegiatan sehingga dapat menghasilkan cuan.

Ketua yayasan Borneo karya Prima Lestari, Kariyati mengatakan, pernah mengikuti pelatihan dan bimbingan tentang cara membuat sabun dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar desa, seperti minyak kelapa, minyak sawit.

“Saya menyalurkan ilmu tentang pembuatan sabun kepada ibu-ibu Desa Load duri, Sabun yang dihasilkan oleh ibu-ibu desa Loa duri Ilir memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau,” ucap Kariati saat dikonfirmasi di yayasan Borneo Karya Prima Lestari, Selasa (24/10/2023).

Lanjutnya Kariati, Sabun ini tidak hanya digunakan untuk keperluan sendiri, tetapi juga dipasarkan ke desa-desa lain di sekitar Loa duri Ilir. Beberapa jenis sabun yang dibuat oleh ibu-ibu desa Loa Duri antara lain adalah, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan sabun pakaian.

Dengan adanya kegiatan membuat sabun ini, ibu-ibu desa Loaduri berharap bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Mereka juga ingin menjadi contoh bagi ibu-ibu lain di desa-desa sekitar, bahwa dengan kreativitas dan kerja keras, mereka bisa menciptakan peluang usaha sendiri dari potensi sumber daya alam yang ada di sekitar mereka. (adv/diskominfokukar/ps/hel)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.