Bupati kukar Minta Dukungan PJ Gubernur Akmal Ma Bangun lumbung pangan Kaltim.

377

 

BALIKPAPAN  Amanah ummat.Com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memaparkan rencana  besar mereka untuk menjadi lumbung pangan bagi Kalimantan Timur.
Paparan disampaikan Bupati Edi Damansyah di hadapan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Hotel Platinum Balikpapan, Senin malam (23/10/2023).
“Semangat kami, cita-citanya adalah menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur,” kata Edi Damansyah.
Harapan mereka, jika mimpi besar ini bisa diwujudkan, maka di masa depan pertanian Kukar sekaligus akan menopang kebutuhan pangan  Ibu Kota Nusantara (IKN). Artinya, pemenuhan kebutuhan pokok bisa bersumber dari lokal Kaltim.
Kukar sendiri telah menyiapkan lima kawasan pertanian terintegrasi berbasis kawasan. Yakni di Kecamatan Marangkayu (1.476 ha), Sebulu-Muara Kaman (3.034 ha), Tenggarong -Loakulu (4.106 ha), Tenggarong Seberang I  (4.447 ha) dan Tenggarong Seberang II (4.447 ha).
“Harapan kami melalui Pak Gubernur ini bisa diintegrasikan,” harap Edi Damansyah.
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik sangat mendukung rencana Pemkab Kukar ini.
“Kita akan tindak lanjuti. Dari 5 kawasan itu ada 35 desa yang akan menjadi fokus. Kita akan fokus di sini. Ini akan kita petakan segera,” tegas Akmal.
Selanjutnya kata Akmal, dibutuhkan pemetaan yang baik. Butuh data dan pemetaan yang komprehensif.
“Kita dari pemerintah provinsi sangat mengapresiasi. Saya pastinya sangat mendukung. Tapi saya minta kita petakan dulu agar kita bisa bangun strategi yang lebih tepat agar dana lebih efektif penggunaannya,” beber Akmal.
Pemetaan ini juga sangat penting untuk mendata potensi pemanfaatan Sungai Mahakam sebagai sumber air persawahan. Pasalnya, hingga saat ini petani di Kukar masih lebih banyak menggunakan sawah tadah hujan. Saat musim kemarau, sawah mengalami kesulitan air, padahal Kaltim memiliki sumber air yang tidak pernah kering yaitu Sungai Mahakam..
Acara juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar Sunggono, Staf Khusus Pj Gubernur Esmeralda, Kepala BPS Kaltim Yusniar Yuliana dan sejumlah pejabat terkait Pemkab Kukar. (Adv /kominfo Kukar/ sul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.