Wabup Serahkan Bantuan Nelayan Muara Badak

171

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com- Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin menyerahkan bantuan untuk nelayan Muara Badak, Ahad (22/10/23) sore di Pelabuhan Toko 5 (depan rumah H. Sabir), Kecamatan Muara Badak.

Bantuan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar itu yakni 13 Perahu Fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, dan 2 juta Bibit Udang Windu kepada kelompok pembudidaya “Inti Karya Bersama” dan “Tanjung Bersinar”.

Wabup Rendi Solihin mengatakan, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif yang merupakan program Dedikasi Kukar Idaman.

Sebulan lalu kata Rendi telah di ratusan mesin dan perahu, dan saat ini Ia kembali menyerahkan perahu fiber dan bibit udang 2 juta ekor.

“Program ini akan kita lanjutkan hingga 2024 nanti, masih banyak bantuan yang akan kita berikan, sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan pelaksanaan RPJMD Kukar Idaman,” ujarnya.

 

Wabub Kukar Rendy S memberikan pengarahan kepada para Nelayan

Pemkab Kukar juga membuat penunjang hilirisasi pembudidaya rumput laut, pabrik rumput laut akan beroperasi di Muara Badak. Ini untuk menjamin hasil panen nelayan yang untuk memasok pabrik tepung rumput laut tersebut. Diharapkan akan meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut sekitarnya.

“Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri,” ujarnya.

Tentunya kata Rendi jalan dan jembatan juga menjadi prioritas, termasuk pembangunan Rumah Sakit di Muara Badak akan ditambah anggarannya agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tak ketinggalan rumah ibadah juga dibantu oleh program Kukar Idaman.

“Ini tak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat, aminn kan ya supaya berjalan lancar,” ujarnya di aamiin kan semua yang hadir.

Camat Muara Badak Arpan mengatakan, patut bersyukur terhadap Pemkab di bawah kepemimpinan Edi- Rendi banyak kebutuhan masyarakat yang dibantu, terkait pelayanan dasar ada Rumah Sakit yang dibangun, jembatan, dan saat ini untuk kesekian kalinya bantu nelayan digulirkan.

” Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat masyarakat sejahtera dan bahagia. Bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik sebagaimana harapan Pemkab,” demikian ujarnya.

Selanjutnya Wabup berdialog dengan warga dalam hal ini petani – nelayan untuk mendengarkan kendala yang dihadapi untuk sama-sama dicarikan solusinya. (wes04)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.