Peringati Hari Santri : PJ Gubernur Akmal Malik Dorong Keseimbangan Pembinaan Rohani dan Jasmani

250

 

PJ Gubernur Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi oleh Ketua MUI Kaltim , KH Muhammad Rasyid,  Kakanwil Kemenag Kaltim H. Abdul Khaliq, Ketua Baznas Kaltim KH Akhmad Nabhan dan Ketua PWNU Kaltim Fauzi A Bahtar bersama ormas lainya foto bersama/foto istimewa

Amanah Ummat.  Com Hari Santri Nasional 2023 diperingati sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2015 setiap tanggal 22 Oktober. Gajah Mada, Minggu (22/10/2023).

Dengan tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’, Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, memimpin apel dan menyampaikan harapannya untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan.

“Pertama kami ucapkan Selamat Hari Santri Nasional untuk masyarakat dan para santri di Kalimantan Timur, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita dan semoga santri terus berkontribusi untuk kejayaan Indonesia,” ungkap Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik dalam wawancara dengan awak media.

Dalam era penuh tantangan, Akmal Malik menekankan bahwa jihad tidak hanya merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

“Bagi Kalimantan Timur kita juga terus membangun keseimbangan antara ahlak dan jasmani. Kedepan jangan hanya fokus membangun jasmani namun juga rohani,” ujar Akmal Malik dengan harapan besar.

Santri diakui sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama.

Sebagai Dirjen OTDA, Akmal Malik menegaskan pentingnya pembinaan santri terhadap pemahaman Alquran dan pembinaan terhadap akhlak. Dia juga mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara Kementrian Agama, pondok pesantren, organisasi Islam serta pendakwah.

“Kami berharap ke depan pembinaan agama dapat seimbang dengan pembinaan aspek lain. Ormas Islam harus berkolaborasi. Sekali lagi, selamat Hari Santri Nasional dan kami akan berusaha yang terbaik bagi Kalimantan Timur,” tutupnya.

Sementara itu, melalui virtual, Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi oleh Kakanwil Kemenag Kaltim H. Abdul Khaliq, Ketua Baznas Kaltim KH Akhmad Nabhan dan Ketua PWNU Kaltim Fauzi A Bahtar, mendengarkan sambutan Presiden RI Ir. Joko Widodo sebagai inspektur apel Hari Santri Nasional yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Kota Surabaya. (Kominfo Kaltim)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.