Berdayakan tanaman kakao, Desa Lung Anai mampu Prooduksi coklat batangan

322

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat Com – Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu memiliki potensi desa yang luar biasa dan tak kalah dengan daerah lainnya. Dengan memberdayakan tanaman kakao, Desa Lung Anai sudah bisa memproduksi coklat batangan yang tak kalah rasanya dengan coklat-coklat yang beredar di pasaran.

Atih Hayati, seorang Kabid pendayagunaan sapras, SDA dan TTG mengatakan, Desa Lung Anai memiliki sekitar 200 Hektare (Ha) lahan yang ditanami tanaman kakao.

Ia juga mengatakan, masyarakat Lung Anai bersama pemerintah dan pihak swasta mengandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) Jember untuk memberikan pelatihan. Kemudian proses pendampingan dilakukan oleh Unikarta.

“Mereka sudah dua kali melakukan pelatihan dan saat ini sudah bisa memproduksi coklat batangan yang sudah bisa langsung dikonsumsi,” ungkap Atih.

Atih menjelaskan, rumah produksi coklat di Desa Lung Anai itu berproduksi menggunakan mesin pembuat pasta coklat berkapasitas 5 kilogram. “Untuk proses perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) masih bertahap dan saat ini masih dalam proses di BPMPTSP,” jelas Atih.

Disperindag Kukar juga akan membantu dalam kepengurusan Sertifikat Halal, sehingga coklat produksi Desa Lung Anai bisa segera dinikmati masyarakat dan bisa bersaing dengan coklat-coklat lainnya.

Di akhir, Atih berharap coklat dari Lung Anai bisa masuk ke pusat oleh-oleh, baik itu di bandara-bandara dan pasar modern sebagai produk unggulan Desa Lung Anai. (Adv/Kominfo Kukar/Prokom 08)

Leave A Reply

Your email address will not be published.