Plt Asisten III Membuka Lomba Ketinting Pangdam VI Cup 2023,

Berharap Olahraga Tradisional Ini Terus Berkembang

179

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Davip Haryanto, secara resmi membuka Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam (Pangdam) VI Cup 2023, di Sungai Mahakam Kota Raja Tenggarong, Jumat (20/10) yang ditandai pengangkatan  bendera star di kelas Veteran 500 CC Piston 94 oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906/KKR, Letkol Inf. Jeffry Satria didampingi Plt Asisten Administrasi Pemkab Kukar, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Kapolsek Tenggarong AKP Sukardi, Camat Tenggarong Sukono, Lurah Melayu Aditya Rahman, Kadis, Kadispora Kukar Aji Ali Husni, dan perwakilan kepala OPD dilingkup Pemkab Kukar.

Plt Asisten III tersebut yang menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi kita semua dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata di Ibu Kota Tenggarong, Kabupaten Kukar, serta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi biaya pariwisata.

Kita ketahui bersama lomba perahu ketinting adalah olahraga kreasi yang merupakan tradisi atau budaya di masyarakat Kukar, tentunya perlu di support oleh berbagai pihak agar budaya ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan secara rutin. Ini juga sebagai upaya menjadikan atraksi budaya ini untuk menarik kunjungan wisatawan ke Tenggarong.

Kami berharap tradisi lomba ketinting ini masuk dalam agenda pariwisata di Kabupaten Kukar, karena selain memperkenalkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Kukar juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan UMKM yang ada. Kami dari Pemkab Kukar kedepannya akan terus mendukung terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan kearifan lokal.

“Kita harapkan olahraga kreasi ini terus berkembang dengan baik, mengingat peminatnya juga banyak dan penontonnya selalu melimpah ruah sehingga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” demikian harapnya.

Sementara itu, Jeffry Satria mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pangdam VI/Mulawaman adalah dalam rangka HUT TNI ke-78 tahun 2023 yang berlangsung selama tiga, mulai hari ini hingga Minggu yang bersamaan dengan Card Free Day (CFD) sehingga kegiatan ini bertambah meriah lagi karena banyaknya pengunjung yang datang.

Dimana, kata Dandim 0906/KKR tersebut kegitan ini memperlombakan kelas 500 CC Piston 94 kategori Veteran, 230 CC Piston 75 kategori Umum, 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki depan, dan 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki belakang.

“Kami berharap, olahraga tradisional ini kedepannya terus digelar bahkan lebih ditingkatkan dan meriah lagi. Sehingga bisa terus berkembang dan dilestarikan, dan tidak akan hilang tergerus oleh perkembangan zaman,” harapnya. (Adv/Kominfo Kukar /prokom05)

Leave A Reply

Your email address will not be published.