Sekda Buka Rakor Program Keluarga Harapan 2023

327

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com – Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH), yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono di Hotel Harris Samarinda, Senin (16/10/2023).

Sekda Sunggono mengatakan program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH. PKH bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Kesejahteraan sosial yang disasar PKH adalah pelayanan dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan serta perlindungan sosial lainnya,” ujarnya.

Dikatakan Sunggono, dalam pelaksanaan program PKH di tugaskan pendamping PKH, yang bertugas meliputi diantaranya, melakukan kegiatan sosialisasi PKH kepada aparat pemerintahan ditingkat kecamatan dan desa/kelurahan, OPD dan masyarakat umum, melakukan pertemuan awal dan validasi data calon KPM PKH, melakukan verifikasi komitmen kehadiran KPM PKH, pada layanan fasilitas pendidikan dan kesehatan pada waktu yang telah ditetapkan, melakukan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) bagi seluruh KPM PKH sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan serta melakukan mediasi, fasilitasi dan advokasi kepada KPM PKH untuk memperoleh bantuan sosial PKH dan bantuan program lainnya.

“Pendamping PKH diharapkan melaksanakan tugas sebaik – baiknya dan memotivasi KPM dampingan untuk menggali potensi diri dan kemampuan agar mampu berdaya dengan diri sendiri, agar kehidupannya lebih sejahtera,” ujarnya.

Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) seyogyanya harus lebih intens dilaksanakan oleh pendamping PKH, karena momentum kegiatan ini adalah saat yang tepat, untuk menyampaikan informasi, motivasi dan edukasi kepada penerima manfaat.

“Pemerintah Daerah Kab Kukar mendukung penuh program keluarga harapan di wilayah Kab Kutai Kartanegara dengan memberikan support dan dukungan berupa fasilitasi penunjang dan operasional pendamping PKH,”pungkasnya.

Rakor Program Keluarga Harapan (PKH) dihadiri para Pendamping PKH dari Kecamatan Loa Janan, Sangasanga, Tenggarong, Kota Bangun serta nara sumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Banjarmasin, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur dan Bappeda Kukar. (Adv/Kominfo Kukar /wes-02).

Leave A Reply

Your email address will not be published.