Jelang Hari Santri, Pengurus NU Kaltim Ziarah ke Makam Pengurus dan Tokoh NU

269

SAMARINDA Amanah Ummat.Com– Menjelang peringatan Hari Santri, 22 Oktober 2023  mendatang, Pengurus Nahdlatul Ulama Kalimantgan Timur  menggelar ziarah ke makam menggelar ziarah ke makam para pendiri  atau tokoh NU di daerah ini.

Pukul 07.00, Selasa, 17 Oktober 2023, kegiatan Ziarah dimulai di kompleks pemakaman tokoh dan ulama di Masjid Raya Darussalam, Kelurahan Pasar Pagi, Kota Samarinda.

Di antara para tokoh yang diziarahi di kompleks ini termasuk almarhum KH. Abdullah Marisie dan KH. Djafar Sabran.

Setelahnya, rombongan melanjutkan ziarah di pemakaman umum di Jl. Abul Hasan. Di antara tokoh ulama yang diziarahi termasuk almarhum KH. Sabranity, H. Aini Bakri, KH. Djuhaifah Thalib, dan lainnya.

Rombongan PWNU Kaltim kemudian melangkah menuju Islamic Center. Di tempat ini terletak makam KH. Fakhruddin A Wahab, Rais Syuriyah PWNU Kaltim periode 2019-2023.

Setelah mengunjungi pemakaman Islamic Center, rombongan melanjutkan ke makam mantan Bendahara PWNU Kaltim, H. Achmad Bahtar, yang juga merupakan orangtua dari Ketua PWNU Kaltim, Fauzi A. Bahtar. Saat ziarah di makam almarhum H. Achmad Bahtar, mantan Bendahara PWNU Kaltim, yang juga merupakan orang tua dari Ketua PWNU Kaltim, Fauzi A. Bahtar.

Ketua Panitia Hari Santri Nasional (HSN) 2023 PWNU Kaltim, H.Sularno, menyatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam para muassis telah menjadi agenda rutin dalam peringatan hari santri sejak tahun lalu.

“Setiap tahun, ziarah ke makam para muassis merupakan agenda rutin PWNU Kaltim untuk memperingati hari santri. Acara ini bertujuan untuk mengenang kembali para muassis dan tokoh NU Kaltim yang telah berperan besar dalam memajukan organisasi,” ujarnya.

Beberapa makam tokoh NU lainnya yang diziarahi meliputi almarhum KH. Mujtaba Ismail dan KH Saad Idjan Saleh di kawasan Jl. Suryanata. Acara ziarah diakhiri dengan mengunjungi makam mantan Ketua PWNU dua periode, H. Masroen Rusli, di Pemakaman Nurussalam Memorial Park Samarinda, Tanah Merah.

Turut hadir dalam acara ziarah PWNU Kaltim, di antaranya, Ketua PWNU Kaltim, HM. Fauzi A Bahtar, Ketua PCNU Samarinda, HM. Asyari Hasan; Sekretaris PWNU Kaltim, Abubakar Madani; Wakil Ketua sekaligus Ketua Panitia HSN 2023 PWNU Kaltim, H. Sularno; H. Suparman, Mustasyar PWNU, dan tokoh sepuh, HM. Ali Gays serta H. Chairul Anwar. Wakil Sekretaris PWNU Kaltim, Herman A Hasan; H. Sulanto dan Saparun Bakar. Bendahara PWNU Kaltim H. Widyasmoro; Wakil Bendahara, Apri Gunawan; Fauzan Fahlevi. Ketua LPNU, Indra Semi Kadiyono dan Dimas K. Risky. Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI), Ellyansyah Kasthan. Juga turut serta sejumlah kader NU lainnya dalam rangkaian kegiatan HSN 2023 PWNU Kaltim. (nk/Nukaltim.0r Id)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.