Anggota DPRD Kaltim Salehuddin Soroti Lulusan SLTA Sulit Cari Kerjaan

191

Kutai Kartanegara Amanah ummat.Com-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur Salehuddin soroti peluang kerja bagi lulusan setara SMA/SMK di Kaltim yang sulit cari kerjaan alias banyak yang nganggur.

Salehuddin Dalam diskusi yang dilakukan bersama masyarakat kecamatan sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (13/10/2023), mengakui  saat ini kesempatan kerja bagi lulusan SMA/SMK memang menjadi sulit karena keahlian yang dibutuhkan di pasar kerja dengan keahlian yang dimiliki alumni tidak sinkron.

Slogan SMA/SMK untuk menjadikan anak-anak didik yang dilatih dan siap kerja, justru tidak di support dengan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang yang memadai. Akibatnya, mereka hanya menerima banyak teori pelajaran, dibanding praktek lapangan

“Kebutuhan tenaga kerja sebenarnya banyak, namun memang ketersediaan jurusan dengan kebutuhan yang ada menjadi tidak sinkron,” ucapnya

Pemerintah agar memperbaiki kurikulum di Sekolah SMK

Salehuddin menambahkan, harus ada kesesuaian antara kebutuhan di pasar kerja dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Sehingga peluang yang ada di daerah dapat serta diisi oleh masyarakat khususnya putra dan putri daerah.

Salehuddin mengatakanan, saat ini banyak hal yang harus dapat dibenahi khususnya SDM yang ada di Kalimantan timur. Sehingga kesempatan kerja yang tersedia benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya putra dan putri daerah.

“Karena kalau peluang kerja yang ada dapat diisi oleh masyarakat khususnya putra dan putri daerah, maka hal tersebut juga akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Paling tidak ketika ekonominya baik, maka bisa menunjang kehidupan yang baik pula,” pungkasnya.

Selanjutnya salehuddin meminta   Kemendikbud melalui Kurikulum Merdeka memperbaiki kurikulum agar dapat memenuhi kompetensi lulusan SMK yang dibutuhkan oleh dunia kerja.(Ria)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.