Hari Batik Nasional di SMAN 5 Samarinda, Siswa Tampilkan Seragam Batik Karya Sendir

282

SAMARINDA – Peringatan Hari Batik Nasional di SMA Negeri 5 Samarinda digelar dengan mengusung tema Specta Cultura yakni kegiatan membatik dengan menjunjung tinggi budaya daerah. Specta Cultura menampilkan batik karya siswa ini digelar di halaman SMA Negeri 5 Jalan Juanda Samarinda, Senin (2/10/2023).

Budiono – Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Samarinda mengatakan ada tiga kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Batik Nasional di Sekolah yang dia pimpin, yakni Peringatan Hari Batik Nasional, Launching pemakaian batik karya siswa dan launching Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kurikulum Merdeka Belajar.

Dikatakan, tujuan menggelar kegiatan ini untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa SMAN 5 bisa membuat seragamnya sendiri dengan membuat batik sendiri.

“Dengan momentum mencanangkan karya batik siwa sebagai seragam batik sekolah,tentunya menjadi kebanggan tersendiri, jika mereka memakai produk mereka sendiri,” kata Budi.

Senada disampaikan Ketua Panitia Specta Cultura Sujanani Ulfa yang menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sekolah dari tahun ke tahun dan ditambah dengan gelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Belajar, yang dilakukan oleh siswa kelas 10.

Terkait motif batik, Ulfa mengatakan, siswa dibebaskan menulis batik sesuai inovasi, kreativitas dan kedaerahan masing-masing, dengan target setelah siswa membuat kain batik, dibawa pulang dan dijahit, untuk kemudian dipakai sebagai seragam sekolah pada hari Rabu pada minggu kedua dan keempat.

Sementara itu, Keysa dan Salsabila siswa kelas 11 SMAN 5 mengatakan telah membuat batik pada bulan april 2023 lalu dan mereka mengungkapkan rasa bangga memakai batik produksi dirinya masing-masing.

“Kebanggaan tersendiri karena memakai batik buatan sendiri,” ucap Keysa.
Walaupun diakui Keysa, ada sedikit kecewa dengan pakaian batik yang telah ia olah.
“Karena terburu-buru mengingat deadline, sehingga pewarnaan agak tercampur dan kurang mantap,” ungkapnya sambil tersenyum.(hel)

Leave A Reply

Your email address will not be published.