Dinas Perkebunan Kukar Raih Stan OPD Terbaik Expo Erau

159

TENGGARONG  Amanah ummat.Com– Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan sebagai stand OPD terbaik expo Erau Adat Pelas Benua 2023. Penghargaan diberikan Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Plt Kadisbun Kukar M Taufik pada acara penutupan Expo Erau Adat Pelas Benua 2023 di halaman parkir Stadion Rondong Demang Panji, Tenggarong, Minggu (1/9/2023) malam.

Edi Damansyah didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kukar Maslianawati Edi Damansyah, Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor, dan Plt Kepala Bappeda Kukar Syarifah Venessa Vilna, menutup Expo Erau Adat Pelas Benua 2023 yang dimulai pada 24 September lalu ditandai pemotongan nasi tumpeng dan diberikan kepada Kadisdikbud Kukar.

Edi mengatakan, tak terasa satu pekan pelaksanakan prosesi dan rangkaian kegiatan Erau Adat Pelas Benua di Tenggarong. Acara diselenggarakan bertepatan pula dengan Hari Jadi Kota Tenggarong yang ke-241 tahun.

Kegiatan expo ini  pada prinsipnya tidak terlepas dari upaya bersama untuk terus menumbuhkembangkan kekuatan kolaborasi, antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat bagi penguatan dan kemajuan ekonomi kerakyatan di Kukar. Pelaksanaan expo yang diikuti berbagai unsur pembangunan ini adalah wadah untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat, Kukar saat ini terus mengalami perkembangan di setiap bidang pembangunan.

Edi mengakui  masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dan perbaikan ke depan. Karenanya Ia meminta  jajaran Pemkab Kukar untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan, sesuai harapan masyarakat selama berinteraksi di expo tahun ini.

“Hal ini penting mengingat kami pemerintah daerah telah membangun komitmen, bahwa setiap aktivitas yang dilakukan harus dapat diambil hikmah melalui proses evaluasi yang selanjutnya dirumuskan dalam kebijakan-kebijakan pemerintah yang dapat mengakomodasi harapan-harapan masyarakat Kukar,” harap Edi.

Pemkab Kukar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kukar yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan expo erau adat pelas benua 2023 ini, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus dipertahankan dan tingkatkan kualitasnya pada tahun-tahun mendatang.

Kukar merupakan salah satu daerah yang memiliki keragaman seni dan budaya Nusantara yang telah berkembang dengan baik di Bumi Etam. Potensi ini merupakan bagian dari keunikan Kukar sebagai daerah yang memiliki kekhasan peradaban sebagai peninggalan warisan budaya leluhur pada masa kejayaan kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dikatakan Edi, ke depan, Kota Tenggarong harus memiliki fasilitas pagelaran seni dan budaya, secara modern berbasis kearifan lokal, seperti merampungkan Gedung Ekonomi Kreatif dan membuka ruang-ruang kreatif untuk dapat berekspresi dan berprestasi. Selain itu juga memperkuat peran sekolah yang sebagai wadah membangun karakter bangsa untuk mencintai seni dan budaya. Hal tersebut diwujudkan, melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan ruang kepada sekolah untuk berkompetisi dan menampilkan ekspresi seni dan budaya dalam satu moment secara kontinu dan terorganisir.

Pemkab Kukar juga akan memperkuat pagelaran-pagelaran olah raga tradisional, untuk menjaga insan-insan olah raga tradisional agar dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara kolaboratif sebagai upaya meningkatkan daya saing pariwisata daerah.

Dikatakan Edi, hal tersebut telah dilaksanakan dengan baik. Keberhasilan tersebut akan terus dipublikasikan secara masif agar seluruh masyarakat dapat turut serta dan mengawal program-program secara partisipatif dan konstruktif.

“Pembangunan tidak akan pernah berhasil jika dilaksanakan tanpa ada upaya kolaborasi, sinergi dan harmoni,” kata Edi Damansyah. (adv Kominfo Kukar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.