8 Tahun Kiprah GMSS SKM, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi : Jadi inspirasi atau sprit Warga Samarinda

157

SAMARINDA, Amanah ummat. Com-Wakil Walikota Samarinda Rusmadi  mengapresiasi apa yang dilakukan  GMSS-SKM, khususnya ketuanya Misman, apa yang dilakukan Misman dan kawan kawannya memberikan inspirasi atau sprit bagi warga Samarinda.

Lanjut Rusmadi setiap usaha pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup secara baik dan benar adalah ibadah kepada Allah SWT yang dapat memperoleh karunia phala dan ingsya Allah akan masuk surga.

“Saya tahu pak Misman sangat bekerja keras untuk membangun GMSS SKM, beliau berdarah darah berjuang untuk kebersihan sungai Karang Mumus  apa yang dilakukan oleh pak Misman, moga beliau selalu sehat dan semangat dan atas usahanya nanti masuk surgA” kata Rusmadi Wongso ketika memberikan sambutan di Acara Ulang tahun GMSS SKM yang ke 8 di samping Jembatan kehewanan Samarinda.

Upaya GMSS SKM  lanjut Rusmadi  sejalan dengan Pemkot Samarinda untuk menyadarkan masyarakat tidak buang sampah ke sungai, menggerakkan ekonomi nelayan, serta konservasi bagi ekosistem sungai.

Mengingat SKM posisinya vital bagi Kota Tepian, baik dari sisi ketahanan ekologis dan mendukung pembangunan, misalnya pengendalian banjir. “Penting memelihara sungai dengan seluruh elemen masyarakat agar SKM sebagai titik nadi kota ini dapat terjaga. Apalagi sungai itu juga jadi sumber ekonomi warga,” ucapnya.

Kata Rusmadi, Kota Samarinda yang bersih, nyaman , modern dan masyarakatnya sejahtera adalah dambaan  semua masyarakat termasuk masyarakat Samarinda.

 

Milad 8 Tahun GMSS SKM ditandai dengan pemotongan Tumpeng Oleh Ketua GMSS SKM  Misman

Sementara itu  Ketua GMSS SKM  Misman berterimakasih atas  perhatian pemerintah dan bantuan nmasyarakat termasuk teman teman di PWI,. Sudah 8 tahun tapi  misman tambah semangat untuk menjaga karang Mumus.

“Saya ucapkan terimakasih kepada teman teman yang telah membantu  selama 8 tahun hingga mendapatkan berbagai penghargaan, ini bukan penghargaan saya tapi untuk masyarakat samarinda,”ujar Misman , yaitu sampah yang menumpuk  di Sungai Karang Mumus Samarinda mulai berkurang.  Masyarakat mulai sadar tidak membuang sampah sembarangan di Sungai karang Mumus.

Sukses lainya  ketika menerima penghargaan Kalpataru . Penghargaan tersebut adalah prestasi dengan kasta tertinggi untuk pahlawan lingkungan di Tanah Air. Pada 5 Januari 2023, dalam peringatan HUT Kaltim ke-66, ia juga  menerima penghargaan pelopor lingkungan hidup dari Gubernur Kaltim, Isran Noor. Dua tahun sebelumnya atau pada Hari Lingkungan Hidup 2021, Gubernur Isran juga memberikan Kalpataru tingkat provinsi kepada Misman.

Misman merasa bersyukur apa yang dilakukan selama 8 tahun  mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Itu artinya, apa yang dilakukan selama ini tanpa pamrih mendapat apresiasi terbaik dari pemerintah. Baik pemerintah kota Samarinda, Pemprov kaltim, maupun pemerintah Pusat..

Misman juga mengakui,  kesuksesannya  karena mendapat supot dari rekan rekan wartawan, LSM, Guru, Dosen dan para pejabat, utamanya para pengurus PWI.”Tanpa dukungan kawan kawan PWI, para pemerhati lingkungan, termasuk pemerintah saya tidak akan berhasil seperti ini, mereka selain membantu juga memberikan semangat,”ujar Misman.

Misman berjanji akan terus berbuat,  utamanya  berbuat untuk kebersihan sungai karang Mumus, karena sungai ini nantinya menjadi tumpuan anak cucu kita, dengan berbagai cara, tenaga, upaya , pemikiran akan terus dilakukan oleh Misman demi SKM.(Ghib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.