MUI Kaltim Akan Gelar Rakorda Wilayah V Se-Kalimantan Di Balikpapan

446

SAMARINDA, Amanah ummat.Com. Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Provinsi Kalimantan Timur  akan menggelar Rapat Koordinasi Daerah Majelis Ulama Indonesia Wilayah V Se-Kalimantan Tahun 2023, di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan pada hari Jum’at – Ahad 22 s/d 24 September 2023M / 6 – 8 Rabiul Awal 1445 H

Menurut Ketua Panitia Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda)  Majelis  Ulama Indonesia (MUI)  Kaltim, Dr. Abubakar Madani, M.Ag , Rakorda dengan mengambil Tema “ Optimalisasi Peran MUI Wilayah V (Kalimantan) Dalam Mendukung Program Pembangunan Di Era IbuKota Nusantara.

“Sesuai Tema di Rakorwil nanti juga akan dibahas  beberapa isu nasional antara lain kesiapan dan dampak Ibu Kota Negara (IKN) bagi warga Kalimantan dan stabilitas nasional menjelang pemilu serentak 2024. Disamping soal keutaman,” jelas Abubakar.

Sementara itu lanjut Abubakar Madani, tujuan dari pada Rakorda untuk melakukan koordinasi merumuskan program kerja prioritas dan membahas hal-hal strategis keumatan.

“Setiap tahun Rakorda ini dilaksanakan secara bergiliran oleh MUI tingkat provinsi, untuk menyerap aspirasi dari persoalan umat Islam yang sedang berkembang, sehingga MUI bisa selalu up to date dalam merespon perkembangan masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan,” ujar Abu Bakar Madani di sela sela rapat persiapan Rakorda yang akan digelar di Balikpapan.

Selain itu lanjut Abu Bakar Madani, Rakorda juga sebagai ikhtiar  memberikan energi penyegaran pada segenap pengurus MUI dalam rangka memainkan peranannya di tengah-tengah masyarakat, memberikan motivasi, pencerahan dan kontribusi baik pikiran  maupun tenaga untuk mendukung pembangunan dan pengembangan umat Islam, khususnya di wilayah Kalimantan.

Rakorda Wilayah V se Kaltim  Jumlah Peserta nya   160 orang, Terdiri dari MUI Pusat (Korwil V) 2  orang, MUI Provinsi Kalimantan Timur 69 orang, MUI Provinsi Kalimantan Utara 18 orang,  MUI Provinsi Kalimantan Barat 19 orang,  MUI Provinsi Kalimantan Tengah 19 orang, MUI Provinsi kalimantan Selatan 10 orang , ditambah panitia Pelaksana  25 orang.

Untuk menggelar hajat tersebut, kata  Abubakar Madani diperlukan biaya sekitar 250 Juta lebih, biaya tersebut diambil dari dana hibah Provinsi kalimantan Timur anggaran 2023 dan biaya dari pihak ke tiga.

“Alhamdulillah kami baru menggelar rapat persiapan (6 Septemnber) bersama panitia, dari hasil rapat 70  persen  mereka siap menggelar kegiatan Rakorda, kami  juga konfirmasi ke Jakarta katanya pengurus pusat siap hadir, begitu juga Gubernur kaltim H Isran Noor katanya siap hadir,” ujar Abubakar Madani.

.(Komisi infokom MUI kaltim/Ghib

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.