MUI Samarinda Mantapkan Persiapan Jelang Pengukuhan dan Mukerda

518

SAMARINDA Amanah ummat.Com – Menjelang  Pengukuhan Pengurus MUI Samarinda Masa Khidmat 2023-2028 dan  dirangkai dengan Musyawarah  Kerja Daerah (Mukerda), Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kota Samarinda terus memantapkan persiapan,  diantaranya   menggelar rapat pengurus Harian dan semua komisi di MUI Samarinda. Rapat digelar di Kantor MUI Samarinda Jalan Juanda belum lama ini, (Rabu (5/7/2023)

Pada pertemuan tersebut Yai Mundzir sapaan akrab Drs. KH. Muhammad Mundzir, M.H.  mengajak seluruh komisi yang ada untuk menyusun rencana program kerja ke depan. Hasilnya menjadi bahan untuk dirumuskan bersama saat Mukerda mendatang untuk menjadi Program Kerja MUI Kota Samarinda.

“Analis program kerja masing-masing komisi. Bisa juga kolaborasi antar komisi. Dibuat secara detail lengkap dengan kebutuhan dananya. Sebab yang sudah dihasilkan Musyawarah Daerah V MUI Samarinda masih general,” ujar Mantan Ketua NU Samarinda

Dia berharap kepengurusan MUI Kota Samarinda kedepan lebih aktif. Harapannya setelah pelantikan harus mulai melaksanakan program kerja yang ditetapkan.

Diantaranya dia berharap ada program pembinaan terkait khotib Jumat. Ini dianggap penting karena ketinggalan salah satu rukun bisa membatalkan sholat Jumat.

Termasuk terkait proses penyembelihan hewan yang harus sesuai ketentuan syariat hukum agama agar memberikan kepastian halal.

Sementara itu Sekretaris MUI Kota Samarinda Drs H.M Suparman menyampaikan, dalam Mukerda kali ini akan dibahas beberapa program strategis MUI Samarinda baik jangka menengah maupun jangka panjang.

“Mukerda kali ini diharapkan masing-masing komisi di MUI Samarinda menyampaikan program program unggulan , maupun program umum atau partisan,” ujarnya.

Lanjut Suparman, Program unggulan atau inti adalah program yang menjadi bidang dari komisi tersebut, sedangkan program partisipan adalah program yang melibatkan kerjasama dan kemitraan antara MUI Samarinda dengan  instansi atau ormas terkait.

Kata Pensiunan Guru ini Mukerda MUI Samarinda kali ini akan diselenggarakan Sabtu, 15 Juli 2023 di Hotel Grand Sawit Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Mukerda akan dirangkai dengan pembacaan SK dan pengukuhan pengurus Harian, Sambutan Dewan Pinpinan MUI Samarinda, Sambutan Dewan Pimpinan MUI Provinsi kalimantgan Timur , pengararan walikota Samarinda H Andi Harun.

“Pada  pengukuhan  dan Mukerda ingsya Alloh akan dihadiri Muspida Pemkot Samarinda  bersama Walikota Pak  Andi Harun yang sekaligus  membuka acara serta  memberikan pengarahan di acara Mukerda,  selain itu juga akan hadir dari ungsur kemenag Kota Samarinda , MUI Prov Kaltim dan undangan lainya.

Sementara peserta Mukerda berjumlah 115 orang terdiri dari ungsur Pengurus Harian MUI Samarinda, Komisi , MUI 10 Kecamatan di Samarinda, Ketua PCNU Samarinda, Ketua PD Muham,adiyah Samarinda, Ketua PD PERSIS Samarinda.

“Panitia juga  sudah siap menggelar Mukerda. Undangan sudah disebar melalui ketua dan Sekretaris Komisi agar menyampaikan ke anggotanya,  spanduk tinggal pasang dan lain lainya ingsya Alloh sudah siap,”Tegas  Suparman (Arif/Ghib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.