DPKH Kaltim Edukasi Pemotongan Hewan Kurban Yang Halalan Thayyiban

320

SAMARINDA Amanah ummat.Com- Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada tanggal 28 dan 29 Juni 2023, tentunya penting bagi umat muslim untuk mendapatkan daging hewan kurban yang halal, berkualitas baik, aman, dan layak dikonsumsi. Untuk itu, Dinas Peternakan  dan Kesehatan  Hewan Provinsi  Kalimantan Timur menggelar edukasi pemotongan ternak kurban  yang halal dan penanganan daging kurban yang higienis di  Ruang Ruhui Rahayu ,Kantor Gubernur kaltim Jalan gajah Mada No 2 Samarinda Selasa 27/6/2023.

Gubernur Kaltim  Dr.Ir.H Isran Noor .M,Si  dalam sambutanya yang yang dibacakan  Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur M. Syirajuddin  mengapresiasi  kegiatan yang digelar kantor DPKH,   Kegiatan ini katanya , merupakan langkah nyata dalam mendukung mengembangan sektor penternakan dan kesehatan hewan di kaltim

Para Nara sumber edukasi pemotongan hewan ternak yang digelar kantor DPKH prov Kaltim

Gubernur Kaltim berharap para peserta nantinya, tidak hanya mendapat pengetahuan dan pemahaman yang sama, khususnya tentang proses  penyembelihan hewan qurban secara islami maupun perlakuan yang benar terhadap ternak kurban sebelum disembelih, namun juga dapat menyebarluaskan apa yang diperoleh  Dari kegiatan edukasi ini kepada masyarakat di sekitar lingkunganya.

“Jadi saya berharap bapak bapak nanti setelah kegiatan ini bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga ikut memahami bagaimana menyembelih hewan yang benar sesuai dengan tuntunan agama, sesuai dengan kesehatan dan kebersihan,” ujarnya.

Selanjutnya ia menghimbau kepada semua pihak untuk terus memperhatikan aspek kesehatan hewan dan menjaga kualitas penyembelihan yang dilakukan. Hal ini penting agar kita dapat memastikan bahwa hewan ternak untuk konsumsi sehari hari dan pada nantinya di harai raya qurban benar benar, sehat, halal dan bermutu.

Menurut  Kepala  DKPH Kaltim Fahmi Himawan,ST,MT, Peserta yang mengikuti Edukasi sekitar 70 orang terdiri dari  59 pengurus masjid, Kepala RPH Kota Samarinda, Julaiha DPW kaltim, Dakwah sembelih halal (DSH Kalimantan Timur, Juliha masjid Islamic Center, Juliha masjid Nurul Mukminin, serta panitia qurban  Dinas Penaklan dan kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur.

Lanjut Fahmi Himawan  yang menjadi nara sumber  dari  dari  DPKH, dengan materi   “Sosialisasi penyakit MPK, LSD dan PPR, “ , Ketua LPPOM MUI Prov kaltim H Sumarsongko “Tatalaksana Penyembelihan hewan Kurban”  dan  dari Universitas  Mulawarman Ari wibowo, Ph.D    dengan materi “Observasi dan Riset Penerapan Kesrawan dalam proses penanganan dan penyembelihan hewan qurban.

Bantu Alat Pemotong Hewan Kurban

Fahmi Himawan mengatakan pihaknya selain menggelar edukasi pemotongan ternak qurban juga memberikan  bantuan alat potong yang diberikan berupa satu set pisau pemotong daging, pisau atau gerinda untuk memotong tulang serta pisau besar untuk untuk menyembelih ternak.

Penyerahan bantuan peralatan potong hewan qurban tahun 2023 diserahkan pada 3 masjid yakni Masjid Nurul Mu’minin (mesin pemotong tulang manual, gerinda, pitau), Masjid At – Taqarrub pisau (set) Qurban dan Masjid As-Sajadah pisau (set) Qurban.

Penyerahan bantuan peralatan potong hewan qurban tahun 2023 secara simbolis diserahkan kepada tiga pengurus masjid di Kota Samarinda, diantaranya Masjid Nurul Mu’minin berupa mesin pemotong tulang manual, gerinda, pisau, Masjid At – Taqarrub berupa satu set alat pemotong hewan dan Masjid As-Sajadah berupa pisau set kurban.
“Tahun 2023 ini kami alokasikan sebanyak 15 alat potong pisau kepada 15 masjid dan 9 mesin potong gerinda maupun potong manual untuk di 9 masjid,” ungkapnya.
Ia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan kegiatan pemotongan hewan qurban di masjid dapat mengajukan proposal bantuan peralatan pemotongan hewan kepada Dinas peternakan, minimal untuk agenda penyembelihan hewan kurban tahun berikutnya.
Fahmi menambahkan bahwa alat tersebut bukan untuk pribadi, namun ditujukan untuk kepentingan masyarakat umum, seperti masjid yang secara rutin melaksanakan penyembelihan hewan kurban setiap tahunnya. “Kami sangat berharap alat-alat tersebut bisa dijadikan aset untuk kepentingan masjid, sehingga mendapatkan pahala yang berkelanjutan ketika alat tersebut senantiasa dipakai sesuai dengan peruntukannya,” katanya. (Ghib)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.