MUI Kaltim Mengikuti Bimtek Kesekretariatan dan Keuangan di Jakarta

267

SAMARINDA  Amanah Ummat.Com- Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (Dewan Pimpinan MUI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesekretariatan dan Keuangan MUI pada Jumat-Sabtu, 09-10 Juni 2023 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta.

Kegiatan Bimtek yang mengusung tema “Mewujudkan Modernisasi dan Standardisasi Tata Kelola Administrasi dan Keuangan MUI” ini diikuti jajaran Dewan Pimpinan MUI dari unsur kesekjenan dan kebendaharaan baik dari MUI pusat, MUI provinsi, maupun MUI Kabupaten/Kota se Indonesin

Sementara itu khusus  MUI Kaltimantan Timur  mengirimkan beserta berjumlah 3 orang, yaitu Sekretaris Umum MUI kaltim Drs H Samudi, Kepala Sekretariat MUI Kaltim Abdul Wahid dan staf skretariat Arum Liss Astuti.

Menurut Sekertaris Umum MUI Kaltim H Samudi  Bimtek Kesekretariatan dan Keuangan yang digelar MUI Pusat adalah  untuk mewujudkan SDM pengurus dan staf handal dan profesional yang bertugas di bidang Kesekretariatan dan keuangan di setiap tingkat kepengurusan. Hal ini dikarenakan di tangan mereka lah tugas dan tanggung jawab menjalankan tata kelola Kesekretariatan dan keuangan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan program peningkatan kualitas SDM pengurus dan staf tersebut dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek).

“Atas dasar itu menjadi agenda penting bagi MUI untuk menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) di bidang Kesekretariatan dan keuangan untuk unsur Sekretaris Umum/Sekretaris yang bertanggung jawab memimpin dan mengarahkan Sekretariat, Bendahara/Wakil Bendahara yang bertanggung jawab memimpin dan mengarahkan hal-ihwal anggaran/keuangan serta Kepala Kantor/staf yang bertugas melakukan kerja kerja administrative, teknis, dan operasional di bidang Kesekretariatan dan keuangan,” Kata H Samudi diruang kerja MUI Kaltim Jalan Harmonika No 1.B Samarinda ,22/6/2023.

Lanjut  H Samudi Materi yang diberikan berupa topik-topik yang berkaitan dengan Kesekretariatan dan keuangan MUI yang bersumber dari kebijakan umum DP MUI, Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI (PD PRT MUI), Peraturan Organisasi MUI (PO MUI), dan keputusan-keputusan MUI lainnya.

Sementara Para narasumber bimtek adalah Pimpinan Harian/Dewan Pimpinan MUI (DP MUI) dan para pengurus DP MUI yang kompeten sesuai topik materi yang diberikan. Sementara Materi yang diberikan berupa topik-topik yang berkaitan dengan Kesekretariatan dan keuangan MUI yang bersumber dari kebijakan umum DP MUI, Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI (PD PRT MUI), Peraturan Organisasi MUI (PO MUI), dan keputusan-keputusan MUI lainnya.(Ghib)

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.