Tujuh Sekolah Madrasah di Kaltim Lolos Proposal ke Madrasah Young Reseachers Supercamp Tahap Presentas

268

JAKARTA Amanah ummat.Com-lomba Madrasah Young Reseachers Supercamp (Myres) 2023 telah menyelesaikan tahap penilaian proposal. Sebanyak 720 proposal terpilih lolos masuk tahap presentasi berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri yang diumumkan pada 31 Mei 2023, diantaranya 7 Sekolah Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dari Kaltim.

Untuk sekolah madrasah di Kaltim Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Bidang Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi Dari MTs Negeri 1 Balikpapan dengan Judul Proposal Hubungan Kekerabatan Kultivar Ubi Jalar Berdasarkan Karakter Morfologi Di Kota Balikpapan: Studi Filogenetik Menggunakan Mvsp, peneliti 1 Syafira Nathasyaa Ardani, peneliti 2 Aisyah Az-Zahra.

Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora dari MTs Negeri Kutai Barat dengan judul proposal Analisis Dampak Munculnya Tari Kreasi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Tarian Pedalaman di Desa Kelumpang, peneliti 1 Naisyila Septriasa Rahmadhani, peneliti 2 Kania Putri Maharani.

Bidang Ilmu Keagamaan Islam dari MTs Negeri Samarinda dengan judul proposal Kampoeng Al-Quran Strategi Pembelajaran AlQur’an Bagi Masyarakat Usia Lanjut Di Majelis Ta’lim Subulussalam Samarinda, peneliti 1 Reva Jasminaura Zhearly.

Sedangkan Untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA), bidang Ilmu Keagamaan Islam dari MAN Bontang dengan judul proposal Revitalisasi Kebudayaan Pesta Laut Bontang Kuala : Upaya Mewujudkan Moderasi Beragama Dalam Konteks Budaya Lokal  Peneliti 1 Sri Muliani Nur, peneliti 2 Azizah Nur Aini.

Dari MAN 2 Kutai Kartanegara, ada dua judul proposal yang lolos, yaitu dengan judul proposal Pengembangan Game Adita’ (Akad Dagang Islam Kita) Untuk Mengedukasi Muamalah DAGANG Moderat di MAN 2 Kukar, peneliti 1 Andi Azzumar Azra, peneliti 2 Amin Thohari,  dan judul proposal Analisis Keberadaan Masjid Nurul Mu’minin dan Gereja Katedral Lambang Toleransi antar Umat Beragama di Samarinda, peneliti 1 Hayu Dyah Alessia, peneliti 2. Suci Cahyati S.

Dari MAN Insan Cendekia Paser dengan judul proposal Tahsinify: Klinik Al-Qur’an Berbasis Artificial Intelligence, peneliti 1 Mohammad Fawwaz Hylmi Rahmadhani, peneliti 2 Agatha Bertan Antolin

Pelaksana Myers 2023 terbagi dalam dua jenjang, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Setiap jenjang dibagi dalam tiga kategori lomba, yaitu: 1) Bidang Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi; 2) Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora; dan 3) Bidang Ilmu Keagamaan Islam. Setiap bidang, terpilih 120 proposal sehingga total ada 760 tema yang masuk tahap presentasi.

“Selamat kepada anak-anakku yang berhasil lolos seleksi dan proposalnya terpilih untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu tahap presentasi,” tutur Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Isom di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Isom berharap MYRES menjadi pemicu semangat siswa madrasah untuk menghasilkan penelitian terbaik dan melahirkan peneliti handal yang mampu menuangkan ide dan menemukan inovasi baru yang menjadi solusi atas suatu permasalahan.

“Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati, harus tetap semangat. Sebab, dalam kompetisi tentu ada yang menang dan ada yang kalah. Terus kembangkan bakat dan kemampuan, persiapkan diri untuk ajang kompetisi lainnya,” tambah Isom.

Kasubbag TU KSKK Madrasah, Arif Rahman menambahkan, penilaian proposal penelitian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk Direktorat KSKK Madrasah. “Untuk tahap penilaian proposal Myres secara substansi sudah selesai. Penilaian proposal oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya. Ada masing- masing 120 proposal terpilih untuk jenjang MTs dan MA di masing-masing bidang keilmuan,” terang Arif.

Menurutnya, ada sejumlah indikator penilaian proposal penelitian. Yaitu, orisinalitas gagasan, kreativitas dan kekinian, relevansi teori dan kajian pustaka, metode penelitian dan kebermanfaatan, serta koherensi dan teknik penulisan.

Peserta yang proposalnya terpilih harus segera menyiapkan Presentasi Proposal. Tahap ini akan dilaksanakan secara virtual dari 9 – 12 Juni 2023. “Untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), presentasi dilakukan pada 9, 10 dan 11 Juni 2023. Sedang untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA), tahap presentasi berlangsung pada 11 dan 12 Juni 2023,” tutup Arif.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.