2023 Kaltim Berangkatkan 2.586 Jamaah Haji

508
SAMARINDA Amanah Ummat. Com.Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Timur  tahun 2023  akan memberangkatkan Jamaah Haji Asal Kaltim sebanyak 2.586 lebih, Jamaah berasal dari tiga kota, tujuh kabupaten, kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah, serta tim pemandu haji daerah.
Jumlah jamaah   mengacu pada surat keputusan yang dikeluarkan Gubernur Kaltim Isran Noor. Samarinda paling banyak mengirimkan jumlah jamaah dengan 550 orang, disusul Balikpapan dengan 507 jamaah. Sementara Mahakam Ulu menjadi yang sedikit mengirimkan jamaah yakni enam orang.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Abdul Khaliq di Samarinda  belum lama ini mengungkapkan para jemaah tersebut akan diberangkatkan dari embarkasi Balikpapan secara bertahap sesuai dengan kloter dan pemberangkatan yang di mulai pada 25 Mei 2023.
“Tahun ini kloter pun berbeda. Jika pada keberangkatan sebelumnya, setiap kloter membawa 360 jamaah. Namun, tahun ini dikurangi menjadi 299 jamaah pada satu kali penerbangan,”ujarnya

Lanjut Abdul Khaliq,  dari  2.586 jamaah 30 persen di antaranya merupakan jamaah lanjut usia (lansia), yakni di atas 60 tahun. Dirinya mengakui, cukup banyak calon jamaah lansia akibat tertundanya pemberangkatan ibadah haji selama dua tahun saat pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Agama Prov Kaltim Abdul Khaliq ketika diwawancarai Wartawan/fhoto istimewa.
Sementara itu  kata Abdul Khaliq,. Hingga saat ini,  sudah 90 persen calon jamaah haji yang melunasi untuk biaya haji. Kemudian yang 10 persennya dikatakan Khaliq para petugas mengalami kesulitan berkomunikasi kepada para calon jamaah karena berpindah kediaman dan berganti nomor telpon. Sementara itu  waktu pelunasan sudah lewat yaitu pada tanggal i 11-12 Mei 2023 lalu.
Abdul Khalik  mengakui,  secara nasional Indonesia mendapatkan tambahan  dari kerajaan Arab Saudi  sekitar 8000 kuota jamaah. Sehingga  pada tahun ini  Indonesia jatah total 221.000 kuota jamaah haji.
Jika dirinci  kuota jamaah haji terdiri atas  203,320  kuota jamaah haji regular dan 17 .680 kuota jamaah haji khusus.
“Penembahan kuota ini juga berdampak  bagi kaltim sekitar 93 orang, kita sedang menunggu surat resmi dari kemenag RI  terkait adanya penambahan kuota jamaah haji, penambahan pastinya kita berapa  menunggu dari sana,” kata Abdul Khaliq (@ghib)
Leave A Reply

Your email address will not be published.