Tujuh Pesan Wagub Kaltim Kepada Wartawan Saat Buka Puasa Bersama

216

SAMARINDA : Wakil Gubernur provinsi Kalimantan Timur H.Hadi Mulyadi saat menghadiri undangan buka puasa bersama wartawan yang tergabung di jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Kalimantan Timur, Kamis, 6 April 2023 di Lotus Garden Cafe, yang terletak di samping Flyover Air Hitam Samarinda berpesan kepada wartawan yang ada di provinsi ini agar selalu Istiqomah dalam menjalankan rangkaian ibadah Ramadhan 1444 H.

“Kita wajib bersyukur pada bulan ramadhan ini. Ini adalah bulan yg diangungkan Allah dan Rasulullah. Makanya Rasulullah menyambut ramadhan dengan ucapan marhaban ya Ramadhan, menyambut bulan suci ini dengan kegembiraan dan rasa syukur,” ucap Wagub Hadi Mulyadi.

Para jurnalis menghadiri buka puasa bersama wagub/fhoto munanto

Disampaikan dua bulan menjelang ramadhan tiba kita harus sudah bersiap-siap, antara lain selalu panjatkan doa  Almarhumah bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhâna. Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan. Ada juga doa lain Allahumma salimni min ramadhana wa sallim ramadhana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan, Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadhan.

Selama ramadhan ini Wagub Hadi Mulyadi berpesan ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

Pertama, Perhatian hal-hal yang berpotensi mengurangi pahala puasa. “Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa,” jelas Wagub.

Kedua, Pastikan istighfar, zikir, selalu mengalir, minimal membawa Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar, dan doa Allahumma innaka ‘affuwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.

Ketiga, Pastikan selama ramadhan perbanyak sholat-sholat sunah, paling tidak selama ramadhan 24 jam kita sholat 40 rokaat, yaitu sholat wajib 17 rokaat, 11 rokaat teraweh, 2 rokaat dhuha, rowatib kobliyah ba’diyah 16 rokaat, minimal  kobliyah ba’diyah 10.

“Sedangkan keempat Perbanyak membaca Alquran, kelima Perbanyak sedekah, keenam  Jangan lupa itikaf. Dan ketujuh lengkapi puasa kita dengan puasa 6 hari di bulan Syawal.” Jelas Wagub yang di sambut dengan manggut-manggut insan Pers yang hadir di awal malam tersebut.

Wagub jadi imam salat maghib diacara buka puasa dengan para wartawan/foto Munanto)

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Kalimantan Timur Endro S. Efendi menyampaikan bahwa sangat bersyukur acara buka puasa rekan-rekan Pers dihadiri pak Wagub Kaltim. “Kami sangat berbahagia acara buka puasa ini pak Wagub menyempatkan hadir ditenngah-tengah kesibukan beliau, masih ada waktu untuk rekan-rekan Wartawan,” ucap Endro.

Endro menjelaskan bahwa di PWI saat ini turut berpartisipasi aktif membantu warga yang memerlukan pengangkatan menggunakan Ambulance, dan tergabung di Emergency Medical Team dalam penanganan kondisi kedaruratan kemanusiaan.

“Selama bulan Maret, unit Ambulance PWI Kaltim Peduli melayani 106 kali, baik itu antar jemput pasien tidak mampu dalam mendapatkan pengobatan, penanganan kecelakaan, maupun pengantaran pemakaman jenazah,” jelas Endro.

Hadir dalam acara buka puasa bersama, dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah antara lain dari Dewan Kehormatan PWI Kaltim dan Pengurus PWI Kaltim, anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Kalimantan Timur. Dan setelah makan malam berjamaah dilanjutkan silaturahmi.(mun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.