Kanwil Kemenag Kaltim: Entaskan Kemiskinan Melalui kampung Zakat

Di Kaltim Ada 10 Kampung Zakat

969

SAMARINDA  AMANAH UMMAT.COM– Program kampung zakat merupakan upaya mengentaskan kemiskinan yang berbasis pada daerah terdepan, terpencil dan tertinggal melalui optimalisasi dana zakat yang dikelola oleh Baznas dan LAZ.

“Program kampung zakat merupakan salah satu pendekatan pemberdayaan ekonomi umat berbasis kearifan lokal yang diharapkan mampu menjadi katalisator dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat yang mandiri secara ekonomi lahir dan bathin ,” Kata Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Abdul Khaliq ketika  membuka acara rapat koordinasi program Kampung zakat bersama Kanwil Kemenag Kaltim, Kemenag Kabupaten / Kota dan LAZ se Kaltim tahun 2023 yang dihelatkan di Aula Siskohat Lantai 2 Kanwil Kemenag Prov. Kaltim, Kamis, 26/1/2023.

Lanjut  H. Abdul Khaliq ada  3 fase desain program kampung zakat yaitu, fase perintisan Kementerian Agama yaitu kajian dan pendalaman data di wilayah kampung zakat yang sudah di tunjuk, kedua fase pelaksanaan kampung zakat langsung dibina oleh pemerintah bekerjasama dengan Baznas dan LAZ dengan masyarakat berpenghasilan rendah akan dibina dan diberdayakan berbasis dana zakat, infaq dan sedekah.

Ketiga, fase kemandirian yaitu membangun masyarakat mandiri dengan saling membantu antar masyarakat , agar dapat memberi manfaat yang luas bagi masyarakat agar menjadi sejahtera lahir dan bathin.

Ia berharap penggunaan zakat harus benar – benar tepat guna, tepat sasaran dan tepat waktu dalam penerimaan dan penyalurannya, dan semua agar kembali ke tujuan awal yaitu pemberdayaan umat melalui zakat itu sendiri.

“Saya sangat mengapresiasi dengan program -program yang terkait dengan zakat, semoga apa yang menjadi cita- cita luhur terkait zakat semakin memicu kita semua untuk terus giat dan menggiatkan zakat, Kata Kakanwil Kemenag kaltim yang baru satu  bulan dilantik Menteri Agama.

Sementara itu  kepala Bidang Bimas Islam, H. Isnaini, di Kalimantan Timur melaporkan,  ada beberapa kampung zakat di masing-masing Kabupaten/ Kota diantaranya, di Kota Samarinda berada di Muang dalam Lempake, Kutai Kartanegara di desa Jonggon Kampung C Loa Kulu, Berau di desa Kampung Biatan Bapinang, Sangatta di desa  Sidomulyo Kombeng, Bontang di desa Kampung Malahing Tanjung Laut Indah, Balikpapan di Kelurahan teritif Balikpapan Timur, Penajam di Kelurahan Sesumpu, Paser di desa Sei Tuak Grogot, Kubar di kampung Long Iram Seberang, Mahulu di desa Ujoh Bilang Long Bagun.

(Sumber Humas Kanwil Kemenag kaltim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.