SMC dan Sekata Physio Bantu Operasional Ambulance PWI Kaltim Peduli

811

SAMARINDA  Amanah Ummat.Com- Melihat tingginya mobilitas unit Ambulance PWI Kaltim Peduli melayani warga masyarakat kota Samarinda owner Klinik Sekata Medical Center (SMC) dan Sekata Physio terketuk hatinya untuk turut berperan membantu warga melalui bantuan operasional unit Ambulance PWI Kaltim Peduli.

Jajaran owner SMC dan Sekata Physio Lukman Hakim dan Meiske Triana Yuniawati menghubungi penanggung jawab ambulance PWI Kaltim Peduli, Munanto untuk menyampaikan niat ingin membantu operasional. Bak gayung bersambut, tawaran tersebut pun langsung diterima.

Perjanjian dan penyerahan bantuan perdana pun dilaksanakan diwakili  manajemen Klinik Sekata Medical Center (SMC) Irfan diterima Munanto, Jum’at 20 Januari 2023 siang di kantor klinik SMC jalan P. Suryanata No.27 (seberang GG.4) Air Putih Samarinda Ulu lebih kurang 150 meter dari simpang empat air putih.

“Klinik Sekata Medical Center berusaha support setiap bulannya. Semoga Allah jadikan SMC menjadi bagian dari pihak yang membantu meringankan warga yang sedang membutuhkan pertolongan. Pesan kami jangan menunggu berlebih untuk berbuat, bergeraklah dari sekarang dengan yang ada pada diri kita,” ucap Irfan.

Ambulance PWI kaltim Peduli sedang antarkan pasien ke rumah sakit/Fhoto istimewa

Munanto, penanggung jawab ambulance PWI Kaltim Peduli mengatakan biaya operasional ambulance PWI Kaltim Peduli selama ini bersumber dari rekan-rekan wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur dan support dari air berkah, optik berkah, berkah jaya Las, dan dari Eko Sujarwadi (IkaGeo Kaltim)

“Untuk layanan Ambulance gratis, sementara hanya mampu dalam kota Samarinda hingga Tenggarong, namun jika ada yang darurat perlu pengantaran luar kota Unit ambulance PWI siap, tetapi susah barang tentu koordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait,” jelas Munanto

Diungkapkan Munanto, untuk biaya operasional jika melayani dalam kota saja satu Minggu paling tidak dua kali isi BBM full tangki. Jika sekarang sekitar Rp 425.000. Belum lagi untuk perawatan unit, ganti oli, filter, yang rutin, dalam satu bulan untuk biaya perawatan dan BBM lebih kurang Rp5juta. Karena satu hari rata-rata 3x layanan baik pengantar maupun penjemputan pasien, terutama bagi pasien keluarga yang kurang mampu. “Belum lagi yang sifatnya emergency seperti ada kecelakaan yang membutuhkan gerak cepat.” jelas Munanto yang juga anggota dewan kehormatan Provinsi PWI Kaltim.

Dalam operasional lapangan Ambulance PWI Kaltim Peduli berkordinasi dengan relawan Emergency Medical Team Info Taruna Samarinda (EMT-ITS).

Dijelaskan, unit Ambulance PWI Kaltim Peduli pada awal-awal muncul sejak Kondisi Pandemi Covid-19 pada tahun 2020an yang sangat memprihatin, sampai-sampai mencari Ambulance untuk membawa jenazah penyintas Covid’19 pun kesulitan, akhirnya PWI Kaltim Peduli dengan menggunakan unit mobil jenis APV Arena tahun 2008 milik Yayasan Bima Tadzkia pun menyulap menjadi Ambulance dadakan.

“Pada saat itu cukup sulit mencari dana untuk membeli light bar (lampu rotasi) Ambulance. Namun dengan bantuan Bapak Teguh Santoso (seorang penguasa sapi di Muara Teweh Kalteng), Air Berkah, dan Optic Berkah di Samarinda bisa mengadakan lampu rotari tersebut. Sedangkan untuk tandu pasien (jenazah) dibantu Berkah Jaya Las,” ucap Munanto penanggung jawab unit ambulance PWI Kaltim Peduli disela-sela penandatanganan penyerahan biaya operasional dari SMC dan Sekata Physio di halaman Klinik Sekata Medical Center (SMC), Jum’at siang, 20 Januari 2023.

Dalam kesempatan tersebut Irfan menyampaikan Klinik Sekata Medical Center melayani Poli Umum, General Medical Check up (MCU), Radiologi X-Ray, poli psikologi, dan Konseling Adiksi/Napsa.

Sedangkan untuk Sekata Physio melayani fisioterapi untuk cedera dengan berbagai macam metode seperti Ultrasound, Elektrotherapy, Traksi machine, ESWT, Manual Therapy, Exercise Therapy dan Homeprogram. “Kami ada di Komplek Ruko Plaza Juanda No.22 RT.07Jalam Ir.H. Juanda Kel.Air Hitam Kec.Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jika ada yang. Jika ada yang memerlukan informasi detail bisa telp 0813-4985-3341,” jelas Irfan.

Pewarta : Munanto

Leave A Reply

Your email address will not be published.